Sunday 26 May 2013

TUGAS AKHIR MEDIA PEMBELAJARAN (ASSURE)



BAB I
TEORI MEDIA SECARA UMUM

A.    Defenisi Media Pembelajaran
Media berasal dari bahasa Latin medium yang berarti antara, yakni apa saja yang membawa informasi antara sumber pesan dan penerimanya. Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (Association of education and Communication Technology / AECT) membatasi media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan atau informasi. Gagne (1970) menyatakan behwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar. sementara itu Briggs (1970) berpendapat bahwa media adalah segala alat fisik yang dpata menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar. buku, film, kaset, film bingkai merupakan beberapa contoh media pembelajaran.
Menurut Scramm, Media adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran (dalam Rusman, 2012). Menurut Heinich media merupakan lat saluran komunikasi (dalam Rusman, 2012). Heinich mencontohkan media seperti film, televise, diagram, bahan cetak (printed materials), computer dan instruktur. Contoh media tersebut dapat dipertimbangkansebagai media pembelajaran jika media tersebut membawa pesan-pesan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian dapat diketahui bahwa adanya hubungan antara media dengan pesan dan metode.
Sementara Asosiasi Pendidikan Nasional (National Education Association/NEA), memiliki pendapat yang berbeda tentang media. Media adalah bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audiovisual serta peralatannya. Dari beberapa defenisi diatas, dapat disimpulkan bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, dan minat, sehingga media dapat menarik perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.
Berdasarkan pengertian diatas, maka dapat didefenisikan media sebagai sebuah sarana pendidikan yang dapat digunakan sebagai perantara dalam proses pembelajaran untuk mempertinggi efektifitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Tujuan dari penggunaan media adalah untuk memudahkan komunikasi dan belajar. Ada enam kategori dasar media, yaitu :
1.      Teks, yakni karakter alfanumerik yang dapat ditampilkan dalam berbagai format, seperti buku, poster, layar komputer, papan tulis dan lain-lain.
2.      Audio, yakni segala sesuatu yang dapat didengar, seperti suara orang, musik, suara bising, dll.
3.      Visual, yakni segala sesuatu yang dapat kita lihat, misalnya diagram pada poster, gambar, buku, dll.
4.      Video, yakni media yang menampilkan gerakan, misalnya rekaman video, animasi komputer, DVD, dll.
5.      Perekayasa, yakni segala sesuatu yang bersifat tiga dimensi dan dapat disentuh, misalnya benda-benda.
6.      Manusia, seperti guru, siswa, ahli bidang studi dll.

Format media adalah bentuk fisik yang didalamnya terdapat pesan yang akan ditampilkan. Format media biasanya akan disesuaikan dengan jenis medianya, misalnya untuk visual dan teks, dapat menggunakan format media papan tulis penanda, untuk teks dan visual, dapat menggunakan format slide powerpoint, untuk suara dan musik dapat menggunakan format Compact Disc (CD). Untuk menampilkan video, dapat menggunakan format DVD, dan untuk audio, teks dan video dapat menggunakan format komputer multimedia.


baca selengkapnya di
http://www.scribd.com/doc/143748043/tugas-Akhir-Media-Pembelajaran



berikut lampiran silabus

http://www.scribd.com/doc/143748273/lampiran-silabus-tugas-akhir-media-pembelajaran

No comments:

Post a Comment